Silahkan KLIK DISINI untuk melihat Promo Hotel dari AGODA

Goa Gajah Bali

Lokasi : Desa Bedulu, Blahbatuh, Gianyar

Jalan-jalan di Bali kali ini (Oktober 2011) saya ingin melihat objek wisata Goa Gajah. Berbekal hp dan  internet, saya coba searching dengan google map dari Bebek Bengil, Ubud, ke Goa Gajah (di google map jaraknya sekitar 8 km :) ). Saya sampai  di lokasi sekitar jam 2-an dan tidak begitu banyak kendaraan yang parkir. Di sekitaran lapangan parkir, saya melihat banyak toko-toko suvenir dan tempat makan.

Sebelum masuk, pengunjung wajib membeli karcis masuk. Harganya sekitar Rp 15.ooo per orang. Goa gajah termasuk salah satu pura di Bali, jadi kalau pengunjung yang masuk menggunakan celana atau rok pendek maka petugas akan meminjamkan kain di pintu masuk. Setelah melewati pintu masuk, saya menuruni beberapa anak tangga untuk tiba di pelataran Goa Gajah.

Goa Gajah Bali

Di sebelah kiri pelataran sebelum menuju goa terdapat beberapa puing-puing candi. Candi tersebut rusak karena gempa namun masih ditata rapih dalam beberapa kelompok bagian. Berhadapan dengan puing-puing candi, terdapat 2 kolam, dengan 7 arca pancuran. Air kolam berfungsi untuk mensucikan bagi orang yang mau sembahyang atau bertapa di Goa Gajah.

Pura Goa Gajah Bali

Kemudian, saya melanjutkan berjalan menuju Goa Gajah. Ketika masuk ke dalam goa, saya mencium bau dupa yang dibakar dan udara yang lembab. Ukuran goanya tidak terlalu dalam dan luas. Di dalamnya terdapat arca-arca lengkap dengan bunga untuk sesajen  dan tempat untuk bertapa.

Setelah cukup melihat-lihat isi dari Goa Gajah, saya melanjutkan untuk berjalan kaki ke sisi lain dari pelataran. Saya berjalan melalui samping kolam dan menuju ke arah bawah. Kawasan di bawah ini, nampak seperti hutan kecil yang dilalui oleh aliran sungai. Ketika saya menyebrangi jembatan, seorang bapak tua memanggil saya untuk melihat patung Budha. Saya berjalan turun melalui jalan kecil, yang dikelilingi tebing batu, dari sisi dinding batu tersebut, mengalir air, seperti air terjun kecil. Posisi pahatan Budha nya di atas batu yang besar.

Setelah puas, berkeliling di area ini, ga kerasa hari sudah sore, akhirnya saya harus melanjutkan perjalanan lagi. Sampai ketemu di objek wisata lain ya :)